USB to IDE/SATA Kabel, Solusi Untuk Netbook

Kemarin iseng ingin install ulang windows di netbook byon yang nggak ada optical drive. Awalnya karena bete dengan partisi hdd di format ntfs oleh penjualnya padahal saya inginnya fat32 dengan DOS sebagai root. Awalnya mengikuti beberapa tutorial di internet tentang cara menginstall windows XP lewat USB tapi ternyata ada kendalanya yaitu biasanya saya memformat semua hdd dan membaginya menjadi beberapa partisi fat32 (saya benci NTFS karena umumnya kesulitan untuk recovery). Biasanya root saya install dos, (OS lainnya otomatis akan multi boot loader) .. tujuannya untuk memudahkan kloning norton ghost (yang versi dos) biar kalau ada masalah bisa kembali ke kondisi awal dengan cepat paling cuma 10 menit. Ternyata cara dengan menggunakan USB ini tidak memungkinkan untuk mengikuti keinginan yang saya butuhkan, cara satu-satunya yaitu dengan menggunakan cd preloader dengan DOS system.
Setelah membaca kiri-kanan ternyata tidak ada satupun solusi yang bisa menyelesaikan problem ini akhirnya saya putuskan saya harus menemukan media untuk bisa menggunakan cd preloader ini. Browsing di internet mencari informasi harga USB external DVD wah semuanya kok mahal harganya berkisar antara 450-550 ribu, setelah mempertimbangkan hasilnya kurang ekonomis karena nantinya akan jarang digunakan. Akhirnya ketemu juga solusinya yaitu dengan menggunakan kabel USB to IDE/SATA.
Gambar 1
gambar 2

Kabel ini penting banget kegunaannya, bisa untuk HARD-DISK, CD-ROM, CD-RW, Combo device, DVD, DVD-RW. Harganya juga relatif murah, kemarin minta tolong gendut cari informasi harganya ternyata berkisar di antara 50 ribu-65 ribu. Akhirnya saya beli di kirana komputer kena 64 ribu. Sampai dirumah dicoba hasilnya memuaskan, barang produksi cina ini sangat berguna untuk yang ingin mencari solusi untuk menginstall OS menggunakan media cd/dvd.

Setelah dipasang langsung saja saya boot, lalu menggunakan fdisk dan membagi hdd menjadi beberapa bagian yang diperlukan, setelah itu transfer dos system files ke root yang saya format fat16. Memang saya membutuhkan banget ini dos untuk melakukan recovery cepat, jadi didalam netbook ini ada 3 pilihan OS yaitu dos, windows xp, dan ubuntu. Nanti kalau ada keinginan saya tambahkan windows 7 mungkin lebih seru juga ya… hehehe…

Kalau ditanya kenapa kok nggak mau beli DVD external saja daripada repot²? ada banyak alasannya….. salah satunya: untuk saya kalau beli barang untuk kepentingan sekali pemakaian kenapa harus yang harganya mahal, yang kedua kalau nggak nabung kapan beli rumah dan mobil? ah alasan klasik bilang saja nggak punya duit hihihi…

0 komentar:

Posting Komentar

BErIkAn LaCh KoMeNtAr YsNg SePaNtAsX y0oW.,.,