Perangkat lunak (software) atau sering disebut juga program adalah
suatu hasil eksekusi yang dapat dijalankan pada komputer, berfungsi
dengan benar, sanggup melayani segala kemungkinan masukan,
instruksi dan manipulasi data serta kemampuan-kemampuan untuk
melakukan suatu fungsi yang spesifik. Software dibuat oleh
pemrogram (programmer) yang bisa individu maupun tim.
Pembuatan software berkaitan dengan software developer, yaitu
sebuah software yang dapat digunakan untuk membangun program.
1) Software (Perangkat Lunak) atau Program
Perangkat lunak (software) atau sering disebut juga program adalah
suatu hasil eksekusi (instruksi) yang dapat berjalan pada komputer,
berfungsi dengan benar, sanggup melayani segala kemungkinan
masukan, instruksi dan manipulasi data serta kemampuan-
kemampuan untuk melakukan suatu fungsi yang spesifik. Setiap
software tidak sama dengan yang lain, mempunyai ciri-ciri tersendiri
dan dapat digunakan untuk mengerjakan fungsi yang khusus.
Contoh-contoh jenis software antara lain software bahasa
pemrograman, software aplikasi basis data (data base), software
aplikasi desain web, software aplikasi grafis, software aplikasi
multimedia dan lain-lain.
Software dibuat oleh pemrogram (programmer) yang bisa individu
maupun tim. Pembuatan software berkaitan dengan software
developer, yaitu sebuah software yang dapat digunakan untuk
membangun program. Mengingat banyaknya jenis software yang ada
maka software developer juga bermacam-macam jenisnya, pemilihan
jenis software developer apa yang akan digunakan untuk
membangun sebuah program tergantung dari software seperti apa
yang diinginkan pemrogram dan bagaimana desain dan rancangan
programnya. Desain dan rancangan program dibuat untuk
memudahkan pemrogram mengerjakan langkah-langkah dalam
pemrograman karena dalam rancangan program sudah tertuang
fungsi-fungsi apa saja yang dapat dilakukan, urutan proses,
pengolahan dan manipulasi data. Pembuatan rancangan program
harus mengacu pada kaidah algoritma pemrograman agar saat
mengimplementasikan rancangan menjadi program atau software
menjadi lebih mudah.
2) Definisi Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah
yang disusun secara sistematis dan logis. Logis adalah hal yang
pokok dalam algoritma, arti logis adalah masuk akal atau bisa
diterima akal serta bisa ditentukan benar atau salahnya. Algoritma
bukan hanya istilah dalam dunia komputer, melainkan semua proses
pemecahan masalah dengan langkah-langkah yang sistematis
merupakan algoritma, baik itu masalah kehidupan sehari-hari
ataupun masalah lain yang tidak berkaitan dengan dunia komputer.
Algoritma pemrograman adalah urutan langkah-langkah logis untuk
membangun sebuah program yang disusun secara sistematis.
Langkah-langkah dalam membangun sebuah program berkaitan
dengan desain dan rancangan program yang diinginkan pemrogram.
Pembuatan software berdasar kaidah algoritma pemrograman
diidentifikasi dengan adanya masalah, nilai awal masalah, proses dan
hasil yang diinginkan. Notasi algoritma yang dibuat harus dapat
diimplementasikan dengan menggunakan berbagai software
developer, analoginya adalah sebuah resep kue yang berisi langkah-
langkah pembuatan kue, dapat ditulis ke dalam bahasa Indonesia,
bahasa Inggris, bahasa Spanyol dan lain-lain. Orang Indonesia pasti
memakai resep berbahasa Indonesia dan orang Inggris pasti
memakai resep berbahasa Inggris, apabila langkah yang dikerjakan
sama dengan langkah yang tertulis pada resepnya maka kue yang
dibuat orang Indonesia dan kue yang dibuat orang Inggris hasilnya
sama. Demikian pula pada pemrograman, intinya notasi-notasi
algoritma harus jelas langkah-langkahnya supaya dapat
diimplementasikan menggunakan berbagai jenis software developer.
3) Contoh Penyelesaian Masalah dengan Algoritma
Contoh berikut ini menunjukkan pemecahan masalah menggunakan
algoritma, identifikasi masalahnya adalah ban sepeda motor kempes
sehingga sepeda motor tidak bisa dipakai. Nilai awal adalah ban
sepeda motor kempes dan hasil yang diinginkan adalah sepeda
motor bisa dipakai, maka pada tahap proses dirancang langkah-
langkah yang tersusun sistematis untuk mencapai hasil yang
diinginkan sebagai berikut :
Langkah Proses yang dikerjakan
1 Membuka ban sepeda motor
2 Mengecek kebocoran ban
3 Jika tidak ada kebocoran, pasang ban kembali
4 Jika bocor, mengecek banyak tambalan pada ban
5 Jika tambalan ban lebih dari 4, ganti ban baru
6
Jika tambalan ban kurang dari atau sama dengan 4,
lakukan tambal ban pada lokasi yang bocor
7 Pasang ban kembali
8 Lakukan pemompaan
Algoritma di atas digunakan untuk memecahkan permasalahan ban
kempes agar memperoleh hasil sepeda motor bisa dipakai. Apabila
dikembalikan kepada algoritma pemrograman maka setiap proses
yang dikerjakan pada masing-masing langkah merupakan sebuah
notasi algoritma. Notasi-notasi algoritma ini harus dikerjakan secara
berurutan dan notasi algoritma juga harus bersifat logis supaya bisa
diimplementasikan menggunakan software developer.
Pemakaian algoritma dalam pemrograman memberikan kemudahan
bagi pemrogram dalam hal mengimplementasikan notasi algoritma
menjadi software menggunakan software developer tertentu, serta
dapat menghasilkan software yang baik. Ciri-ciri software yang baik
adalah :
a) Rancangan yang baik (metodologis dan sistematis)
b) Dapat dieksekusi dengan benar oleh komputer
c) Berfungsi dengan benar sesuai rancangan
d) Mampu melayani segala kemungkinan masukan
e) Tampilan yang menarik
f) User friendly
g) Mudah dalam pemeliharaan dan pengembangan
0 komentar:
Posting Komentar
BErIkAn LaCh KoMeNtAr YsNg SePaNtAsX y0oW.,.,