Bukan Basa-Basi

DASAR HACKER

Banyak artikel dan tulisan di media tentang ‘hacker’, tapi tidak banyak yang membahas tentang budaya, etika, aturan yang mengatur komunitas misterius ini. Artikel ini menggambarkan mengenai hal tersebut.

Sebuah masyarakat yang hanya ada & dikenal diantara underground (demikian istilah mereka). masyarakat tentang hacker adalah orang yang jahat dan suka merusak. Padahal arti sebetulnya hacker adalah tidak seperti yang dibayangkan banyak orang. Cracker ini yang sering anda dengar di berita / media, mematikan situs web, menghapus data dan membuat kekacauan kemanapun mereka pergi.
Apakah perbedaan mendasar antara cracker & hacker? cracker di definisikan sebagai "seseorang yang masuk ke sistem orang lain, biasanya di jaringan komputer, membypass password atau lisensi program komputer, atau secara sengaja melawan keamanan komputer. Cracker dapat mengerjakan hal ini untuk keuntungan, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem"

Hacker di definisikan sebagai programmer yang pandai. Sebuah hack yang baik adalah solusi yang cantik kepada masalah programming dan "hacking" adalah proses pembuatan-nya. Menurut Raymond ada lima (5) karakteristik yang menandakan seseorang adalah hacker, yaitu:

Seseorang yang suka belajar detail dari bahasa pemrograman atau system.

Seseorang yang melakukan pemrograman tidak cuma berteori saja.

Seseorang yang bisa menghargai, menikmati hasil hacking orang lain.

Seseorang yang dapat secara cepat belajar pemrogramman.

Seseorang yang ahli dalam bahasa pemrograman tertentu atau sistem tertentu, seperti "UNIX hacker".



Hacker Menolong Industri
Umumnya pembuatan software akan sangat berterima kasih akan masukan dari para hacker, karena dengan adanya masukan ini software yang mereka buat menjadi semakin baik. Memang kadang eksploit yang dihasilkan para hacker tidak langsung di peroleh si perusahaan software, tapi di tahan oleh komunitas underground ini – sampai digunakan
Etika
ternyata ada etika & aturan main yang membedakan antara hacker & cracker, maupun hacker kelas rendahan. Salah satu etika yang berhasil di formulasikan dengan baik ada di buku Hackers: Akses ke komputer – dan apapaun yang akan mengajarkan kepada anda bagaimana dunia ini berjalan / bekerja – harus dilakukan tanpa batas & total. Selalu mengutamakan pengalaman lapangan!

Semua informasi harus bebas, tidak di sembunyikan.

Tidak pernah percaya autoritas – percaya pada desentralisasi.

Seorang hacker hanya di nilai dari kemampuan hackingnya, bukan kriteria buatan seperti gelar, umur, posisi atau suku bangsa.

Seorang hacker membuat seni & keindahan di komputer.

Komputer dapat mengubah hidup anda menuju yang lebih baik.

Aturan Main Hacker
Gambaran umum aturan main yang perlu di ikuti seorang hacker seperti di jelaskan oleh Scorpio packetstorm.securify.com/docs/hack/ethics/my.code.of.ethics.html, yaitu:

Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi.

Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan / lubang di keamanan yang anda lihat.

Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack.

Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan.

Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh – selalu mengetahui kemampuan sendiri.

Selalu bersedia untuk secara terbuka / bebas / gratis memberitahukan & mengajarkan berbagai informasi & metoda yang diperoleh.

Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang.

Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan.

Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang dihack.

Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

BErIkAn LaCh KoMeNtAr YsNg SePaNtAsX y0oW.,.,